Minggu, 03 Juli 2011

Move to Bogor, Farewell....

Pindah ke Bogor.... sesuai judul entri ini, aku akan pindah ke Bogor mungkin beberapa jam setelah aku menulis entri ini. sebenarnya aku bingung mau nulis entri apa, entah tentang ulang tahunku yang ke-15 tanggal 1 Juli kemarin, atau tentang aku yang akan pindah ke Bogor.

kesan pertama, aku benar-benar ngerasa aneh ngeliat semua barang-barangku dimasukkin ke kardus, terus tempat tidurku udah dibongkar buat dibawa ke Bogor. Terus kamarku yang kosong, tinggal ada lemariku sama meja belajar yang mau dibawa nanti sore. aku udah tidur di kamar ortuku dari tadi malam, aneh banget rasanya, udah lama nggak tidur di kamar ortu. baju-bajuku udah dimasukkin ke kardus, tinggal disisain beberapa baju untuk dipakai hari ini dan untuk nanti malam berangkat. boneka, pernak-pernik, hingga kenangan semasa sekolah semuanya udah dimasukkan ke dalam kardus. dan rasasanya benar-benar aneh untuk ngeliat ada tumpukkan kardus di ruang tamu.

baiklah, aku sejak lahir hidup di Cilacap, selama 15 tahun ini, hanya dua kali aku pindah rumah, itupun masih di Cilacap. Sekarang, aku melanjutkan pendidikanku ke Bogor, sehingga aku harus pindah ke Bogor.

Khawatir? tentu, aku khawatir, pertama karena aku kurang bisa bergaul dengan cepat, kedua, aku ini buta arah, seperti yang pernah kusebutkan di entri sebelumnya, aku ini buta arah. 15 tahun hidup di Cilacap saja, aku masih belum terlalu hapal, bagaimana nanti di Bogor? kemudian adaptasi dengan lingkungan baru, baiklah, itu tidak terlalu masalah bagiku, tapi tetap saja, lingkungan berbeda.

selain itu, perasaan sedih juga ada, di pesta ulang tahunku yang ke 15 tanggal 1 Juli kemarin, itu juga sekaligus perpisahanku karena aku akan pindah ke Bogor. pisah sama teman-temanku, terutama dengan sahabat-sahabat terbaikku, yang aku tahu dan yakin kalau aku bisa selalu mengandalkan mereka. Sekarang, aku harus pisah dari mereka, salah satu sahabatku bahkan sudah pergi duluan ke luar kota untuk melanjutkan pendidikan, sekarang aku. yang paling berat, berpisah dengan sahabatku yang mungkin baru kukenal selama tiga tahun, tapi dia sudah kuanggap adik sendiri, aku yakin kalau dia membaca ini, dia langsung tahu kalau yang kumaksud adalah dirinya, dan seorang sahabat yang sudah kukenal sejak SD, tapi menjadi sahabat layaknya seorang kakak bagiku di SMP, yang sudah pergi duluan ke luar kota, sekali lagi aku yakin kalau dia membaca ini, dia akan tahu kalau dialah yang kumaksud.

"No matter how far you are, we'll always be together in our heart."


hanya itu yang bisa kukatakan kepada mereka, tidak peduli kalian sejauh apa, kita akan selalu bersama di hati kita. teman-temanku semasa SMP yang telah membantuku dan membimbingku untuk berubah menjadi seorang yang lebih baik, terima kasih, hanya itu kata-kata yang mampu kukatakan. terima kasih telah mengubahku menjadi orang yang lebih baik, kalau tidak ada kalian, mungkin aku tidak bisa seperti ini. tidak membuat blog, tidak berani melakukan sesuatu yang baru, mungkin kalau tidak ada kalian semua, aku juga tidak berani mengatakan ini semua.

Hold the tears, I have to smile brightly.... aku tidak akan menangis, aku akan terus tersenyum untuk mereka. kami juga tidak akan berpisah untuk selamanya, suatu saat nanti, kami pasti bertemu kembali. banyak orang yang bilang bumi itu kecil, dunia ini sempit, tidak peduli berapa lama lagi, kita pasti bertemu kembali. entah ketika liburan, atau mungkin ketika kuliah nanti kita akan bersama kembali, berkumpul, bercanda tawa ria seperti masa-masa SMP ini.

Dari seluruh masa di dalam hidupku, masa-masa SMP yang telah mengubah hidupku. berani berkenalan dengan teman baru, tidak seperti diriku yang pemalu seperti dulu. karena itu, berpisah dengan seluruh komponen masa SMP-ku, teman-temanku yang telah menemaniku di masa SMP-ku, terasa berat bagiku. tapi aku harus terus bergerak maju, seperti teman-temanku yang lain, mereka terus bergerak maju, aku juga tidak boleh kalah.

sudah saatnya aku bergerak, walaupun harus berpisah dengan teman-teman, sahabatku yang sangat kucintai, tapi jangan khawatir, dunia itu sempit kok, kita pasti bertemu lagi. Kita harus bertemu lagi, itulah janji di antara kami, dan suatu saat nanti harus kami tepati.

butuh keberanian untuk menulis entri ini, karena aku sebenarnya bukanlah orang yang bisa menulis secara langsung begini. sudah kupikirkan untuk menulis ini beberapa minggu yang lalu, tapi aku terus berpikir, sanggupkah aku? akankah aku menangis ketika menulis ini? tidak, aku harus menulis ini, karena ini adalah isi hatiku sekarang, dan aku tidak boleh menangis. Janganlah menghiasi perpisahan ini dengan air mata yang membuat semua ini tambah berat, marilah tersenyum dan bercanda tawa ria sebelum kita berpisah, seperti yang biasa kita lakukan di kelas dulu.

untuk sahabat-sahabatku, jangan khawatir, kita akan bertemu kembali, suatu saat nanti, dan saat itulah, mari kita menangis sejadi-jadinya, dan melepas rindu dengan tawa walau air mata terus mengalir, karena pada saat itu, air mata yang mengalir bukanlah air mata kesedihan, namun air mata kebahagiaan. Kebahagiaan karena rindu yang telah lama tertahan terbayar sudah.

We'll meet again someday, seperti lirik sebuah lagi yang aku lupa judulnya, kita akan bertemu kembali.

Jangan ucapkan selamat tinggal di perpisahan kita ini, ucapkanlah,

Sampai Jumpa Kembali Kawan :)

4 komentar:

  1. i hold my tears when I read this..
    I wont let my tears drop now, I'll let it drop when we meet again someday, after long journey we have here.
    see you again.. :D

    BalasHapus
  2. see you again too my little sist :D

    BalasHapus
  3. its must be so hard for you ya chan..
    cuma bisa kasih support deh, semoga di bogor bisa betah dan mendapatkan pengalaman dan teman2 baru... so everything will be just fine :)

    BalasHapus