Kamis, 10 September 2015

Mata Kuliah Perilaku Konsumen: Minggu ke-2

MOTIVASI DAN KEBUTUHTAN 

Apakah itu motivasi?
Beberapa pendapat oleh ahli:
  1. Schiffman dan Kanuk: "Motivation can be described as driving within individuals that impels them to action. This driving force is produced by state of tension, which exists as the result of an unfulfilled needs."
  2. Solomon: "Motivation refers to the processes that cause people to behave as they do. It occurs when a need is aroused that consumer wishes satisfy. Once a need has been activated, a state of tension exists that drives the consumer to attempt to reduce or eliminate the need."


Kesimpulan:
Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. kebutuhan muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan (state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.

Kebutuhan yang dirasakan konsumen (felt need)
Faktor-faktor:
  • Diri sendiri (fisiologis): rasa lapar dan haus
  • Luar: aroma makanan, iklan


Kebutuhan primer: muncul dari diri sendiri, contoh: makanan, minuman, rumah
Kebutuhan sekunder/ yang diciptakan: kebutuhan yang muncul sebagai reaksi konsumen terhadap lingkungan dan budayanya, contoh: self-esteem, prestige, affection, power

Kebutuhan yang dibeadakan berdasarkan kepada manfaat yang diharapkan:
  • Utilitarian needs: membeli produk karena manfaat fungsional dan karakteristik objektif produk tersebut.
  • Expressive needs: kebutuhn yang bersifat psikologis seperti rasa puas, gengsi, emosi dan perasaan subjektif lainnya. 


Tujuan
  • Perilaku/ tindakan adalah berorienasi tujuan.
  • Untuk memenuhi kebutuhan konsumen memiliki tujuan akan tindakan.


Generic goals: kategori umum dari tujuan uang dipandang sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan.
Product-specific goals: produk atau jaasa tertentu yang dipilih oleh konsumen sebagai tujuannya.

Teori Kebutuhan
  1. Teori Maslow (Maslow's Hierarchy of Needs): kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya.
    • Aktualisasi diri
    • Kebutuhan Ego
    • Kebutuhan Sosial
    • Kebutuhan rasa aman dan keamanan
    • Kebutuhan fisiologis
  2. Teori Motivasi McClelland (McClelland's Theory of Learned Needs):
    • Kebutuhan untuk sukses
    • Kebutuhan untuk afiliasi
    • Kebutuhan kekuasaan 


Motivasi dan Strategi Pemasaran

Aplikasi penting dari teori motivasi:
  1. Segmentasi
  2. Positioning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar