Senin, 28 September 2015

Kuliah Minggu Pertama Mata Kuliah Perilaku Konsumen

Nessa Maulida

Departemen Agronomi dan Hortikultura (agrohort.ipb.ac.id)
Fakultas Pertanian (faperta.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Sciences (ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (fema.ipb.ac.id)
Bogor Agriculturan University IPB (ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md  Djamaludddin, MSc

Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia



Kuliah Kamis Pagi 3 September 2015

Kuliah pertama mata kuliah Perilaku Konsumen oleh Bu Retnaningsih. Beliau menjelaskan mengenai kontrak perkuliahan, penugasan pada mata kuliah Perilaku Konsumen, serta kuliah Pendahuluan. Terdapat tugas restruktur pada mata kuliah ini, yaitu membuat blog pribadi dan meng-upload materi minggu 1, mengisi kuesioner yang terdapat di LMS, dan juga kuis mingguan yang dilakukan sesuai permateri mingguan.
              Kami diberitahukan untuk membeli atau meminjam buku pegangan Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc, dan dilarang untuk membeli fotokopiannya sebagai apresiasi terhadap Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc yang telah menulis dan menyusun buku tersebut.
              Kuliah materi Pendahuluan yang telah disampaikan oleh Bu Retnaningsih memaparkan mengenai pengertian dari perilaku konsumen, dan dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi (Sumarwan 2010). Kemudian diterangkan mengenai perspektif perilaku konsumen. Terdapat tiga perspektif riset perilaku konsumen, yaitu: Perspektif Pengambilan Keputusan, Perspektif Eksperensial, Perspektif Pengaruh Behavioral.

              Bagi saya, dari kuliah pendahuluan ini sudah menunjukkan betapa pentingnya mata kuliah ini dalam kehidupan sehari-hari. Penerapannya dapat dilakukan di berbagai bidang, baik sebagai konsumen ataupun produsen. Sebagai konsumen, saya merasa bahwa saya dapat mempelajari dan mengatur perilaku saya sebagai konsumen, dengan kata lain, sadar diri akan perilaku saya sebagai seorang konsumen selama ini, dan dari kuliah pendahuluan ini, materi yang diberikan benar adanya ketika saya mengingat-ingat perilaku saya dan juga orang-orang terdekat saya dalam menjadi seorang konsumen. Saya yang merupakan mahasiswa agronomi dan hortikultura juga dapat memanfaatkan ilmu yang saya dapat dari mata kuliah ini jika di masa depan nanti saya menjadi seorang produsen. Perspektif, studi perilaku konsumen, dan dimensi perilaku konsumen sangat bermanfaat dalam mempelajari konsumen untuk produsen. Produsen juga dapat mempelajari perilaku konsumen dunia sebagai perbandingan dengan konsumen di negara sendiri.